Shudown Linux Tanpa Root

Cara men-shutdown linux ubuntu tanpa access root, fungsi ini seringsaya gunakan untuk warnet yang menggunakan jasa setting router mikrotik dan squidnya, tentunya untuk mengamankan ubuntu hanya bisa di access oleh orang tertentu. Seperti owner warnetnya. Sudah pada taukan, kalau password system di berikan pada orang yang tidak tepat dapat membahayakan system itu sendiri.
Nah cara untuk Shutdown Linux Tanpa menggunakan root adalah berikut :

  1. Pada console ketikkan
    sudo chmod u+s /sbin/shutdown



  2. Kemudian edit file /etc/sudoers dengan mengetikkan
     visudo


    pada consol atau



     nano /etc/sudoers



  3. Tambahi nama user yang boleh menshutdown linux ubuntu tanpa harus menggunakan access root ataupun admin, sisipkan file berikut didalam file /etc/sudoers atau visudo tadi ini filenya ”
    %op ALL = NOPASSWD: /sbin/shutdown


    kemudian simpan




  4. Pada console lagi add user baru bernama op dengan perintah
    adduser op


    dan isikan passwordnya sesuka anda. User op bisa juga anda ganti sesuai nama operatornya, misalnya gunawan dan berikan passwordnya, dan sesuaikan nama usernya dengan configurasi pada /etc/sudoers. Nah untuk menshutdownnya tinggal menggunakan user op. Dengan perintah



    sudo shutdown -h now 


    yang berfungsi untuk shutdown dan untuk merestart



     sudo shutdown -r now


Terima kasih telah membaca artikel tentang Shudown Linux Tanpa Root di blog Tutorial Opensource and Linux jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :